Selasa, 05 Januari 2016

Tips Belajar Otodidak Blender 3D

Tips Belajar Otodidak Blender 3D Menurut Pengalaman Saya
saya belajar blender 3d pertama kali sekitar agustus 2013. Saya mengetahui ada software untuk pengolahan animasi 3d selain 3dmax yaitu blender 3d dari senior saya yang sama-sama kuliah di salah satu universitas negeri di Sulawesi Utara yaitu Universitas Negeri Manado atau yang biasa disingkat dengan UNIMA. Setelah belajar dari Youtube dan beberapa tutorial lain yang membuat saya mengeti sedikit tentang cara pemakain software tersebut.
Secara defult atau saat membuka aplikasi blender, tampilan awal Blender yangakan muncul adalah seperti berikut.


Tampilan blender 3d
Klik kiri pada sembarang tempat untuk menampilkan factory settings pada Blender, sehingga akan tampil fitur seperti berikut. 

  1. Header      : Menu utama Blender yang terdiri atas File, Add, Render, dan Help.

  2. Viewport   : Tampilan yang terdiri dari objek 3D atas objek lainnya. 

  3. Toolbar     : Terdiri atas daftar tools yang memilikisifat dinamis menurut objeknya. 

  4. Outliner     : Struktur data dari objek pada Blender. 

  5. Properties  : Panel yang memuat berbagai macam perintah untuk memodiļ¬kasi objek atau                             animasi dan bersifat dinamis mengikuti objek atau tools yang sedang aktif. 

  6. Timeline    : Instruksi yang terkait dengan frame animasi atau untuk sequencer.
Artikel ini akan membahas pengalaman saya belajar software Blender secara mandiri hingga saat ini. Tip ini sebenarnya juga berlaku untuk software yang lain.
  1. 1. Sebagai pelula kita haruslah fokus untuk menguasai tool dan intruksi dasar modeling 3d. Jangan terlalu terbawa napsu untuk memperlajari hal atau teknik yang lain. Buatlah target ada untuk merpelajarinya seperti sebuah kurikulum.
  2. 2. Ulangi 1 jenis tutorial beberapa kali hingga anda paham betul tutorial tersebut. hasilnya akan membuat anda lebih repleks, sehingga anda dapat melakukannya tanpa melihat keyboard saat akan mengeksekusi.
  3. 3. Untuk berlatih modeling 3d saya belajar membuat objek yang ada disekitar saya seperti meja, kursi, CPU,LCD, Keyboard, dan lain-lain. hasilnya saya tanpa sadar telah membuat kamar saya dalam bentuk 3D. Semuanya suai "Imajinasi" saat saya melakukan modeling 3d.
  4. 4. Menuliskan pengalaman belajar kita untuk menjadi sebuah tutorial. Dengan menulis atau membuat video screencast akan semakin memperkuat bawah sadar kita dalam memahami suatu teknik di blender. Jangan pernah ragu untuk berbagi meskipun itu hal yang sederhana. Bisa saja hal sederhana bagi kita tetapi menjadi hal luar biasa bagi orang lain. Bahkan akan muncul banyak pertanyaan dan masukan atas tulisan kita. Sehingga kita akan “dipaksa” untuk belajar lebih dalam lagi.
  5. 5. Aktif di komunitas blender baik di tingkat lokal, nasional (Blender Indonesia), hingga internasional. Kita akan dapat banyak feedback dan apresiasi. Jangan pernah takut menerima kritik. Setiap respon adalah bentuk apresiasi berharga bagi perbaikan karya kita. 
  6. 6. Download berbagai macam tutorial mengenali blender, maksudnya bukan berapa banyak tutorial yang anda download melainkan berapa banyak yang anda kuasai dengan baik.
Satu hal yang sangat bermanfaat bagi saya setelah belajar blender adalah saya memangkan lamba design animasi yang diadakan oleh salah satu mol di sulawasi utara yaitu IT CENTER yang menjadi pengalam pertama sekaligus pengalaman terbaik saya. 

0 komentar:

Posting Komentar