Jumat, 26 Februari 2016

cara mengatasi error soopler pada print

selamat siang kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara mengatasi error soopler pada windows. pernahkah anda menginstal print dan muncul pesan dibawah. 
Penampakan error Print Spooler
Penampakan pesan error print spooler
Dari pesan yang ditampilkan windows tersebut bisa kita simpulkan bahwa masalah laptop/komputer tidak bisa diinstall driver printer terletak pada program print spooler yang berhenti atau tidak aktif . Sebelum saya jelaskan tentang langkah mengaktifkan kembali print spooler, akan saya coba menerangkan sedikit tentang print spooler karena mungkin ada sebagian orang yang tidak tahu apa print spooler itu.

Print spooler adalah sebuah program dalam sistem operasi yang bertugas untuk mengelola semua pekerjaan yang berhubungan dengan proses cetak yang dikirimkan  ke komputer. Jadi secara sederhana print spooler adalah program penghubung agar printer dapat berinteraksi dengan komputer atau laptop anda. Setelah tahu apa itu print spooler tentunya masuk akal kalau driver printer tidak mungkin bisa diinstall jika print spooler itu sendiri tidak aktif.

Oke berikut adalah langkah mengaktifkan kembali print spooler, silakan disimak :
  • Pertama adalah klik start > pada kotak pencarian program ketik services.msc > klik pada program services.msc yang muncul. 
    Proses pencarian program services.msc
    Proses pencarian services.msc
  • Selanjutnya akan muncul jendela services > geser slider kebawah, cari programprint spooler. 
    Tampilan jendela services
    Tampilan jendela services
    Tampak dalam tanda merah diatas bahwa status startup program print spooler adalah disable. Tujuan kita adalah untuk merubah status disable print spooler menjadi automatic.
  • Dobel klik print spooler untuk menampilkan jendela print spooler properties > pada tab General ubah startup type dari disabled menjadi automatic > klikApply, akan ada proses loading beberapa saat.
    Merubah startup type
    Rubah startup type dari disabled menjadi automatic
    Masih dalam jendela print spooler properties, klik start > setelah status berubah menjadi started, klik OK 
    Start print spooler
    Start print spooler
  • Lihat status print spooler menjadi started dan startup type menjadi automatic
    Status akhir print spooler
    Status akhir print spooler
Selesai.. Sekarang kita bisa menginstall driver printer dengan mudah karena program print spooler sebagai penghubung antara printer dengan komputer telah aktif.

Sekian tutorial kali ini, selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar