Selasa, 12 Januari 2016

VR-MMORPG

Taukah kamu Sword art Online? kalo menurut saya sih kamu sudah pasti tau. Sword art Online adalah seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh Reki Kawahara dan diilustrasikan oleh ABEC. pernah kamu bayangkan klo game yang dimainkan oleh kirito itu akan ada di dunia kita. Game yang dimainkannya adalah game jenis VR-MMORPG, apa itu VR-MMORPG? Langsung aja nih ke pembahasan gua kali ini mengenai pertanyaan 'VR-MMORPG? 
VR-MMORPG, kependekan dari Virtual Reality Massive Multiplayer Online Role Playing Gameadalah sebuah genre dari game berbasis MMORPG dengan sistem dimana player dapat mengendalikan karakternya menggunakan sensor pada otak yang membuatnya seolah-olah menjadi lebih nyata. woow hebat bukan gak pernah kebanyang klo kita bermain game yang membuat kita seakan menjadi  charakter utama dalam game tersebut.


Berdasarkan informasi yang saya  dapat dari forum-forum luar, sebenarnya game berbasis VRMMORPG itu bukan sesuatu yang mustahil jika dilihat dari perkembangan teknologi yang cepat sekarang ini, tapi berdasarkan prediksi saya jika dilihat dari fasilitas yang sudah dibuat sekarang. Kemungkinan besar game dengan genre Virtual Reality ini kemungkinan akan benar-benar muncul sekitar 50 tahun lagi dari sekarang.. 

Buat hal ini sudah pasti diperlukan teklonogi yang dapat mengubah kelima indra  manusia kedalam bentuk pecahan kode yang dapat ditranfer kedalam otak dan bukan hanya itu  saja masih bayak device yang diperlukan agan hal ini benar-benar terlihat nyata..

nah sekarang saya akan membahas teknologi akan mambantu dalam game VR-MMORPG

- Oculus Rift

Oculus Rift adalah output display seperti juga halnya layar komputer yang menampilkan dunia virtual 3 dimensi, hanya saja alat tersebut diletakkan sangat dekat dengan mata (seperti di gambar) disebut juga sebagai VR HMD (Virtual Reality – Head Mounted Display). Dengan desain optik yang tepat dan berkualitas mata kita bisa fokus pada display yang sangat dekat tersebut. Lalu apa istimewanya ?
Nah, sebenarnya di tahun-tahun sebelumnya juga sudah banyak beredar HMD, tetapi tidak ada yang bisa menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi pengguna, antara lain : rasa pusing dan mual jika digunakan dalam jangka waktu lama serta tidak ada mempunyai feel immerse dan presence(merasakan keberadaan di dunia virtual). Oculus menyelesaikan masalah itu semua dengan adanya sensor-sensor dan layar LCD zero latency (tanpa lag) sehingga pengguna secara natural akan merasakan seperti berada dalam dunia virtual
Sensor utama adalah untuk mendeteksi putaran kepala kemana kita menoleh, dan disitu tampilan layar LCD akan menyesuaikan tanpa jeda instan, sehingga kita benar merasa sedang mengamati di dalam dunia virtual tersebut. Selain itu ada juga sensor yang mendeteksi posisi kepala (dan tubuh), sehingga ketika tubuh kita bergerak ke kanan, kiri depan atau belakang kita benar-benar merasa sedang berjalan-jalan di dalam dunia virtual tersebut.

Kegunaan Oculus Rift

Oculus Rift diciptakan oleh Palmer Luckey awalnya khusus untuk para gamers. Sejak awal diluncurkannya dalam Kickstarter ia mendapat donasi dari backer (donator) yang sebagian besar adalah maniak game. Dan memang Oculus Rift ditujukan awalnya untuk main game, sebagai pengganti layar. Maka tak heran visi utamanya awalnya adalah “satu langkah masuk ke dalam dunia game” karena pengguna akan merasakan benar-benar dalam dunia game.
Seiring dengan semakin viralnya Oculus Rift, akhirnya Mark Zuck – pemilik Facebook – membelinya dengan nilai USD $2 Milyar. Meski banyak yang menyayangkan pembelian itu, pada akhirnya banyak juga yang menyadari dengan dana tak terbatas dari Facebook, Oculus dapat mempercepat rilis produknya dan juga yang paling penting, Oculus Rift tidak hanya akan digunakan di dunia game, tapi juga dapat diimplementasikan di bidang lainnya.

- Myo

Myo Adalah sebuah console ciptaan Thalmic Lab Inc. yang salah satunya adalah untuk mengontrol ponsel android yang kita miliki menggunakan geraka tangan tanpa menyetuhnya. Selain itu benda ini juga dapat kita gunakan untuk menyalakan tv, mengendalikan kendaraan ber'remote control dan masih banyak lagi.

Fungsi utama :

mengontrol dan menghasilkan perintah untuk mengaktifkan perangkat Bluetooth lainnya dengan menggunakan jari atau gerakan tangan. Gelang ini bisa dipakai di kedua lengan tepat di atas siku. Gelang ini akan mendeteksi kombinasi gerakan otot dan akan memberikan hasil yang akurat untuk tangan atau lengan gerakan.

- Eidos 

Sebenarnya untuk console ini masih belum sepenuhnya selesai dan sedang dalam tahap pengembangan, tapi dikabarkan bahwa benda ini dapat membuat sebuah gambar dari wajah kita secara mendetail. Wow, kalau gini sih gua setuju banget.. dengan kata lain populasi Hode bisa menurun drastis :v

Selanjutnya kita akan membahas beberapa teknologi yang mungkin akan sangat penting namun mungkin sedikit berbahaya:

- Brain Sensor

 
Brain Censor atau teknologi yang memungkinkan kita agar dapat melakukan sesuatu hanya dengan sensor yang ada pada otak kita.

Tapi seperti yang sudah kalian tahu, bekerja menggunakan otak jauh lebih berat dibandingkan menggunakan otot. Bahkan, kemungkinan dehidrasi yang ditimbulkan dari kerja otak sendiri lebih besar dibandingkan dengan otot jika kita bandingkan berdasarkan waktu penggunaannya.
Selain itu, menggunakan otak juga dengan kata lain.. membuat otak kita bekerja sekeras mungkin, yang mungkin akan menimbulkan masalah lain kedepannya..
Bayangkan saja, hanya dengan bermain game secara terus menerus saja Otak bisa bermasalah itupun sebenarnya masih menggunakan sedikit tenaga Otot, bagaimana halnya jika kita menggunakan 100% tenaga. woow bayangkan dijika kita akan menggunakan 100% tenaga otak, mungkin akan berbahaya bukan

- Body Paralyze

Body Paralyze atau sebuah teknologi yang memungkinkan kita untuk bergerak tapi disisi lain tidak 1 centipun dari tubuh kita yang bergerak. Jika kita lihat dari anime Sword Art Online mereka menggunakan sebuah teknologi yang dapat mencegah agar tubuh tidak bergerak dengan cara memanipulasi saraf belakang yang ada di belakang kepala kita. Itulah yang menjadi masalah 'memanipulasi saraf' merupakan suatu tindaka yang sulit dan cukup berbahaya untuk dilakukan.

Dan satu-satunya hal yang mungkin dan membuat hal ini terjadi sepertinya adalah Lucid Dream/Sleep Paralyzeyaitu sebuah keadaan dimana kesadaran kita lebih dulu bangun dibandingkan dengan saraf kita yang lain disaat kita tidur.

Atau dengan kata lain, mungkin teknologi ini dapat ter'realisasikan jika Mimpi dapat kita manipulasi dengan mengirim sinyal-sinyal kedalam pikiran dan menyambungkannya lagi kedalam server dari game yang dituju.

yap demikian tentang VR-MMORP semoga saja dunia tidak berakhir seperti sword art online.
salam otaku >_<

0 komentar:

Posting Komentar